Blog yang menyediakan berbagai skema rangkaian elektronika seperti rangkaian amplifier dan rangkaian lainya dan menyediakan informasi daftar harga komponen elektronika

Kamis, 18 Februari 2016

Contoh rangkaian seri pada lampu

Berikui ini adalah contoh rangkaian seri yang kita terapkan pada lampu pada beberapa penggunaan rangkaian seri akan membuat lampu menjadi redup bila di bandingkan dengan lampu yang kita susun menggunakan rangkaian paralel Untuk sekedar tambahan pengetahuan tentang rangkaian seri merupakan salah satu jenis dari rangkaian listrik yang disusun secara sejajar dimana komponen-komponen dipasang secara berurutan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rangkaian seri memiliki susunan yang berurutan. Rangkaian seri biasanya diterapkan pada gedung-gedung besar, macam perkantoran, kampus, dan juga hotel. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan kalau anda menggunakan rangkaian seri. Misalnya saja, rangkaian seri dikenal lebih praktis dan mudah ketika digunakan. Kepraktisan tersebut juga terdapat pada cara pembuatan dari rangkaian seri.
Contoh rangkaian seri pada lampu
Bohlam lampu di buat rangkaian seri

Mari kita simak cara pembuatan rangkaian lampu seri seperti tampak pada gambar diatas, alat alat yang di butuhkan 

  • 4 buah tempat baterai isi
  • Papan triplek
  • Batu baterai sebanyak 4 buah dan 3 buah lampu bohlam
Masih ada lagi bahan dari cara membuat rangkaian seri. Yaitu, tempat lampu bohlam yang juga dikenal sebagai viting sebanyak 4 buah, 1 buah saklar, kabel kecil secukupnya, isolasi hitam dan bening. Untuk alat-alatnya mudah saja dan tidak memerlukan alat-alat yang mahal dan susah dicari. Anda cukup menyiapkan gunting serta cutter saja untuk memulai membuat rangkain seri.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, pasang 4 batu baterai tersebut ke dalam tempat batu baterai. Kemudian, jangan lupa untuk mengkupas sedikit masing-masing dari ujung kulit kabel. Langkah yang selanjutnya, lilitkan ujung kulit kabel ke salah satu ujung dari saklar. Kemudian, lilitkan juga ujung kulit kabel yang lain ke tengah saklar. Lalu, lilitkan pula kabel pada ujung-ujung dari lampu bohlam. Jangan lupa untuk mengupas sisi-sisi tengah kabel pada rangkaian lampu bohlam pertama. Lakukanlah langkah yang ke 4 dan ke 5 sebanyak 2 kali berturut-turut. Kalau anda sudah melakukan percobaan tersebut, maka jangan lupa untuk menutup saklar sehingga lampu bohlam pada rangkaian tersebut bisa menyala.

Contoh rangkaian seri pada lampu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown