Blog yang menyediakan berbagai skema rangkaian elektronika seperti rangkaian amplifier dan rangkaian lainya dan menyediakan informasi daftar harga komponen elektronika

Rabu, 17 Februari 2016

Cara membuat rangkaian lampu led berjalan otomatis

Cara mudah membuat rangkaian lampu led yang berjalan otomatis dengan menggunakan Ic NE55 dan sumber tegangan untuk menghidupkan lampu led ini kita bisa menggunakan baterai dan juga power suplay dan taukah kenapa di sebut lampu led berjalan ini karena lampu LED yang terpasang pada papan rangkaian akan menyala secara bergantian dari LED yang satu berganti ke LED yang lainnya. Karena itu ketika diamati maka lampu LED akan benar-benar tampak seperti berjalan. 
Percaya atau tidak, kini anda sudah bisa membuat sendiri rangkaian lampu LED berjalan milik anda. Kalau tidak percaya, mencoba mencarinya di internet. Maka anda akan menemukan banyak sekali cara-cara untuk membuat lampu LED yang berjalan. Sedangkan, untuk membuat LED berjalan anda membutuhkan beberapa komponen yang dapat dicari dengan mudah dan bisa kita beli di toko sparepart elektronik.
Cara membuat rangkaian lampu led berjalan otomatis
gambar skema lampu led

Daftar Komponen-komponen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut

  • Baterai sebagai sumber tenaga
  • capasitor, resistor, IC NE555, IC 4017B
  • lampu LED yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlahnya sesuai kebutuhan
  • papan PCB yang bersih, bubuk pelarut PCB
  • setrika, dan air panas

Untuk cara pembuatan dari rangkaian Lampu LED berjalan dapat anda cari sendiri di internet. Cara membuatnya memang agak rumit. Apalagi kalau anda menginginkan hasil yang baik dan sempurna. Karena itu untuk urusan rangkaian lampu LED berjalan, lebih baik anda membelinya saja. Harga yang mahal akan menentukan kualitas dari lampu LED berjalan tersebut. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Proses kerja dari rangkaian lampu LED berjalan antara lain sebagai berikut, yakni IC NE555 merupakan komponen utamanya yang bisa menghasilkan pulsa atau sinyal logika. Karena itulah lampu LED akan menyala dan berkedip-kedip. Ditambah lagi satu IC 4017B yang akan menghasilkan decade counter yang akan membuat lampu LED menjadi menyala bergantian. Selebihnya adalah, komponen pendukung seperti contohnya adalah diode, kapasitor trimpot and juga resistor, beberapa komponen pendukung ini berfungsi sebagai pengatur putaran lampu LED. Sumber tenaga yang digunakan sendiri adalah baterai. Sehingga kalau anda tidak menggunakan baterai, anda juga tidak akan bisa menggunakan power suply sebagai sebuah sumber tenaga untuk rangkaian lampu LED berjalan

Cara membuat rangkaian lampu led berjalan otomatis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown